Komputer : Jalan Menjadi Manusia

“It is not the strongest nor the most intelligent of the species that survives, but the one that is most adaptable to change.” (Charles Darwin)

Dewasa ini, kita dapat membandingkan antara kegairahan kita dalam diskusi daya magis agama sepanjang sejarah peradaban manusia dan kegairahan kita berbicara tentang komputer sejak era 1980-an. Agama dan komputer telah berpengaruh besar pada pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku manusia dalam usahanya memaknai diri di tengah relasi dengan sesama dan realitas lain di sekelilingnya.

Di negara-negara maju, komputer jadi way of life dari masyarakat. Sebagai way of life, mereka menggunakan komputer untuk mengakses berbagai informasi dari berbagai belahan dunia lewat sistem jaringan internet. Informasi menjadi bagian penting dari proses pematangan mentalitas, emosionalitas, dan kesadaran diri. Tetapi, di Indonesia, komputer masih langka sehingga lebih dari separuh rakyat Indonesia terisolasi dari informasi. Kelangkaan tersebut disebabkan oleh sumber daya manusia pemerintahan yang belum maksimal mengelola informasi sebagai aset bagi proses perubahan sosial, budaya, ekonomi, politik, budaya, dan pertahanan-keamanan menuju masyarakat beradab (civil society). Persoalannya adalah bagaimana masyarakat Indonesia bisa membangun civil society dalam kondisi minimnya sarana sumber informasi?

Komputer menjadi sarana vital globalisasi. Ia membantu kita mengakses berbagai informasi strategis seputar tatanan masyarakat global. Fungsinya yang strategis bisa menjadi konstruktif sekaligus destruktif bagi masyarakat. David J. Bolter mendeskripsikan situasi ini (Turing’s Man : Western Culture in the Computer Age, 1984), seperti dikutip Dennis C. Smolarski (1988), bahwa komputer telah menentukan bagaimana kita bertindak dan mendefinisikan diri sendiri di tengah sesama dan lingkungan hidup. Dengan kata lain, komputer mampu me-”manusia”-kan diri sendiri.

Situasi dilematis manusia

Smolarski, dalam refleksinya, The Spirituality of Computers (Spirituality Today, Winter 1988, Vol. 40 No. 4, pp. 292 -307) mendeskripsikan posisi komputer sejajar dengan fungsi kendaraan, pesawat terbang, telpon, radio, dan televisi. Yaitu, mereka membuat hidup kita kian lebih praktis sekaligus lebih kompleks. Teknologi komunikasi informasi yang baru ini (komputer) berkapasitas untuk mempertinggi penghargaan kita terhadap ciptaan yang sungguh-sungguh mengagumkan. Dengan bantuan alat-alat tadi, kita dapat bekerja lebih efisien dan efektif. Tidak hanya di bidang ilmu pengetahuan dan bisnis, tetapi juga dalam berbagai upaya kegiatan kemanusiaan seperti peace building, keadilan, toleransi, pendidikan, dan pengembangan sumber daya manusia.

Bertolak dari pengalaman kehadiran agama di tengah umat manusia, Smolarski memprediksi komputer dengan berbagai perangkat sistemnya yang canggih, akan berpengaruh posifit dan negatif pada kita, tetapi semuanya itu bergantung pada bagaimana kita sendiri memanfaatkannya.

Pendapat Smolarski, tentang kelebihan komputer itu merupakan hasil pengamatannya sendiri pada prinsip kerja komputer. Komputer bekerja pada prinsip ”setiap saat, setiap waktu interaktif”, sehingga ia mengatasi hambatan ruang dan waktu. Misalnya, seorang fotografer di lapangan bisa menyiapkan foto ke kantor pusat redaksinya hanya dalam hitungan menit bila ia memakai kamera sistem digital. Bayangkan jika seorang fotografer, yang meliput berbagai peristiwa menarik (seperti ulah para supporter, aksi para pemain sepak bola plus pelatihnya, obyek wisata dan sebagainya) seputar liga-liga di kawasan Eropa dan yang meliput berbagai peristiwa (demo, dialog, sidang, dan sebagainya) di berbagai belahan dunia, harus mencuci dulu filmnya di studio atau harus ke kantor, maka akan memerlukan waktu lama, dan mereka akan ketinggalan peristiwa di lapangan.

Komputer pun melalui perangkat khusus sistem internet telah membantu para wartawan cetak bisa melaporkan dan memantau berita dengan cepat dan cermat dari berbagai belahan dunia, yang berjarak ribuan kilometer. ”Melalui internet kita bisa menjangkau seluruh dunia. Kita bisa melihat apa yang terjadi di berbagai belahan dunia. Sebelumnya itu tak mungkin,” kata Peter Kuiper, seorang pakar teknologi informasi, seperti dikutip Endang Roh Suciati (2000).

Jasa internet, misalnya, telah membuka mata masyarakat internasional apa motivasi terselubung USA untuk menyerang Irak. Kecaman terhadapa USA kemudian merupakan gerakan moral terbesar sepanjang sejarah umat manusia untuk menentang adanya peperangan atas negara lain. Saat ini, di Indonesia, ada gerakan 1.000.000 facebookers dukung Chandra Hamzah dan Bibit Samad Riyanto untuk reformasi sistem penegakan hukum di Indonesia. Gerakan ini membuka kotak pandora konspirasi yang melemahkan sistem hukum selama ini.

Di sisi lain, komputer pun bisa mengganggu proses terbentuknya civil society bila digunakan untuk hal-hal destruktif seperti hacker yang menciptakan virus untuk mengganggu sistem informasi dan komunikasi dengan melakukan transaksi palsu, penyadapan yang melanggar privasi orang, pornografi yang bebas, dan berbagai kasus kejahatan dunia maya lainnya.

Berbagai problem yang muncul, menurut Smolarski, lebih merupakan akibat penyalahgunaan oleh kita sendiri. Banyak orang masih terbelenggu oleh obsesi lebih mementingkan diri sendiri daripada kesejahteraan bersama dan keutuhan lingkungan hidup. Smolarski menyebut pembalikan fungsi ini sebagai penyalagunaan rahmat ilahi. Perkembangan komputer dalam budaya manusia, lanjutnya, merupakan suatu perkembangan ”ilmu pengetahuan” informasi. Tetapi, perkembangan itu malah tidak membuat kita lebih dekat kepada kemanusiaan universal.

Gap ini muncul dari kekeliruan kita dalam memilih informasi untuk berelasi dan berkomunikasi dengan dirinya sendiri, sesama dan Tuhan. H. Bastian, seorang teolog-pedagog, seperti dikutip Robert Bala (2003), mengingatkan bahwa sibernetik merupakan bagian khusus dari komunikasi yang diartikan sebagai kontak yang terjalin melalui informasi. Tanpa informasi, maka komunikasi akan kehilangan gairah.

Dalam konteks Indonesia, ada persoalan bagaimana kita bisa berkomunikasi dalam kenyataan pluralitas dan heterogenitas keindonesiaan? Di manakah teridentifikasi berbagai hambatan komunikasi selama ini? Persoalan ini selalu mempunyai kemendesakan tersendiri mengingat mayoritas masyarakat Indonesia beragama. Selama ini, lantaran salah kelola informasi, umat beragama menodai jati diri agamanya yang sejati, yaitu agama yang berpihak kepada kepentingan kemanusiaan, menegakkan keadilan, peduli pada rakyat, dan menghindari kekerasan. Bagaimana memulihkan jati diri agama yang sejati di dalam setiap pribadi penganutnya? Smolarski memang tak memberikan solusi cepat saji. Ia menekankan pentingnya proses menuju kesadaran diri dan sosial yang berlandaskan komunikasi ”kasih” sebagai bahasa universal.

Informasi demi Integrasi

Komputer bukan hanya sebagai wujud perkembangan teknologi informasi, tetapi juga bentuk integrasinya berbagai aspek kehidupan kita. Komputer berperan dalam usaha penyadaran mentalitas yang masih berpusat pada egoisme dan fanatisme. Agama, misalnya, hendaknya cepat tanggap terhadap peluang ini untuk mensosialisasikan nilai-nilai religiusnya dalam berbagai aspek kehidupan kita. Begitu pula negara agar menyediakan berbagai perangkat hukum yang mengatur masyarakat dalam aplikasi kecanggihan teknologi informasi ini.

Kolaborasi antara efisiensi komputer dan berbagai bidang kehidupan merupakan berbagai kemungkinan yang tak dapat kita hindari. Maka bukan zamannya lagi untuk mengkotak-kotakkan bidang ilmu secara ketat, karena makin disadari ilmu pengetahuan pada hakikatnya, menurut Edward O. Wilson (Consilience : The Unity of Knowledge, 1998), merupakan satu kesatuan.

Pematangan mentalitas dan emosionalitas bersikap dan berprilaku rasional dan bijak atas fungsi komputer mutlak menjadi satu paket dengan pendidikan transfer teknologi informasi kepada berbagai lapisan masyarakat. Perbedaan peran komputer sebagai sarana konstruktif atau sarana destruktif bagi kita, menurut Smolarski, tampaknya sederhana, yaitu kesadaran sosial. Kesadaran sosial menentukan sebuah pilihan apa yang berpengaruh pada diri sendiri, sesama dan lingkungan. Dengan demikian, komputer bisa menjadi sarana kontrol sosial konstruktif atau destruktif bagi berbagai perkembangan bidang hidup kita hanya tergantung pada bagaimana mentalitas kita memanfaatkannya.

Akhirnya, komputer pun bisa mengundang setiap insan untuk menyadari dan mengenal kembali apakah kita dapat menempatkan kegunaan hasil ciptaan sendiri demi kemanusiaan? Jangan sampai hasil ciptaan kita justru menjadi bumerang yang mengancam kehidupan sendiri. (Lelo Yosep, Dosen Universitas Bina Nusantara Jakarta dan Mahasiswa Pascasarjana FE Universitas Mercu Buana Jakarta)

49 thoughts on “Komputer : Jalan Menjadi Manusia

  1. Maaf pak…tapi satu kata yang terlintas dalam benak saya setelah membaca artikel diatas adalah ‘LEBAI’. Why? karena seakan-akan komputer/internet menjadi sebuah ‘benda’ yang benar-benar luar biasa yang dapat mengubah dunia menjadi lebih baik. NO! . Sebenarnya internet hanyalah sebuah hal yang biasa, itu bukan sebuah hal yang membuat sebuah masyarakat/individu menjadi lebih baik/buruk. Itu seperti zaman dahulu sebelum adanya telepon dan mereka mengembor-gemborkan penemuan telepon. Sebelum adanya telepon, peradaban manusia tidak lebih baik atau buruk dibanding setelah adanya telepon. Intinya menurut saya, tidak ada sebuah penemuan yang dapat menyebabkan sebuah masyarakat menjadi lebih baik/buruk karena pada hakikatnya suatu hal/penemuan pasti ada baik dan buruknya. Ok!…kalo misalnya bapak tidak setuju dengan pendapat saya. Bisa ngga bapak memberikan contoh tentang sebuah penemuan yang tidak mempunyai buruknya dan hanya mempunyai bagusnya. Semuanya hanyalah hal yang wajar, tidak ada yang perlu digembor-gemborkan. Bahkan agama pun ada buruknya juga.
    Terus terang saya belum mengerti dengan apa yang ingin bapak sampaikan pada artikel diatas. Menurut saya, informasi pada artikel diatas terlalu banyak sehingga yang membaca pun kurang mengerti. Sehingga membuatnya menjadi terlalu abstrak. Dan pendapat yang saya tulis diatas juga berdasarkan kesimpulan yang seadanya saja. Karena saya kurang mengerti apa yang ingin bapak sampaikan.
    Sekali lagi …MAAF!!!! ini hanya pendapat saya yang mungkin jauh lebih buruk dibanding pendapat Bapak.
    TQ!
    😀
    Felix Hartono/02PMM/Sistem Informasi/1301049713

  2. Kontroversi antara agama dan teknologi informasi

    Pertama-tama harus kita sadari bahwa pemahaman orang tentang agama dan kepercayaannya tidak bisa dibuktikan dengan teknologi informasi karena berasal dari iman seseorang. Jika diibaratkan, agama dan teknologi informasi bagaikan 2 sisi rel kereta dengan umat manusia sebagai keretanya. Agama di sisi yang satu dan teknologi informasi di sisi satunya jika berada dijalurnya masing-masing dapat membawa manusia tetap pada jalurnya dan semakin lama semakin maju dan cepat. Namun keduanya tidak bisa bertemu atau mencapai kesatuan, sebab kereta yang ada di atasnya, yakni manusia akan mengalami suatu kecelakaan di saat kedua sisi rel disatukan. Jadi, walaupun manusia mempercayai agama namun agamanya itu hanya bisa dibuktikan lewat iman dan kepercayaan orang tersebut saja sedangkan teknologi informasi tidak bisa selain hanya men-support manusia dalam berbagai aspek kehidupan lain seperti pendidikan, IPTEK, dll. Hal ini tentu di luar kemampuan intelektual manusia terdapat sesuatu yang dahsyat dan luar biasa, yang bahkan tak bisa dijelaskan oleh manusia dan teknologinya, yang melampaui segala akal budi manusia, yakni Tuhan.

    ==============================================

    Terorisisme dan teknologi informasi

  3. Tulisan ini menempatkan manusia sebagai pencipta komputer. Manusia menciptakannya dengan tujuan yang baik bagi peradaban komunitas manusia di mana saja. Dengan berbagai revolusi inovatif dalam teknologi informasi, manusia itu mendapat banyak pilihan untuk menggunakan komputer, yang intinya pilihan antara kebaikan dan kejahatan. Manusia menggunakan penemuannya demi kebaikan diri dan sesamanya. Manusia juga bisa memanfaatkan penemuannya untuk merusak diri sendiri dan sesamanya. Itu berlaku untuk semua penemuan lainnya. Tulisan ini juga memberikan aspek filosofi dari kehadiran komputer di tengah dinamika kehidupan manusia. Segala ciptaan manusia, termasuk komputer yang kita bicarakan, memiliki filosofinya. Banyak orang hanya menguasai aplikasi, bukan filosofi sebuah ciptaan. Pertanyaan nakal untuk Anda, misalnya, mengapa Anda belajar sistem informasi sekarang? Sebelum sekolah/jurusan Sistem Informasi ada, kita sudah menikmati informasi yang banyak dan luas?

  4. Pada tahun 1977 kebanyakan orang Amerika belum pernah melihat apa yang disebut komputer pribadi. Bill Gates, Kaisar Kerajaan Microsoft pun masih menulis surat dengan menggunakan mesin tik. Tetapi James Martin, seorang pakar komputer kelahiran Inggris, pada waktu itu telah meramalkan bahwa pada tahun 2,000, komputer dan alat-alat lain yang dihubungkan dengan kawat telpon, jaringan fiber optik dan gelombang radio akan memungkinkan jutaan orang untuk saling berkirim surat elektronik, bekerja dari rumah, mengadakan jual beli saham dan lain-lain.

    Semua itu ditulisnya dalam buku yang berjudul “The Wired Society”, atau masyarakat teknologi modern. Kata Martin, pada tahun 2,000 itu orang akan mengambil uang, membeli karcis bioskop, karcis pesawat terbang dan karcis kereta api dengan menggunakan komputer.

    Semua itu sekarang sudah menjadi kenyataan, dengan banyaknya mesin-mesin ATM di tempat umum, sehingga orang tidak perlu pergi ke bank untuk mengambil atau mendepositokan uang. Karcis bioskop, tiket pesawat terbang dan karcis kereta api bisa dibeli lewat komputer, dan karena transaksi dilakukan langsung tanpa perantara yang namanya travel bureau, harga tiket juga lebih murah.

    Komputer sekarang ini semakin canggih dan kerjanya dalam banyak hal lebih cepat dari otak manusia, sehingga banyak orang khawatir, pada suatu hari nanti komputer akan lebih pintar dari manusia. Tapi apakah hal itu mungkin?

    Kata James Martin menanggapi hal tersebut, manusia tidak perlu takut pada komputer, walaupun sekarang saja sudah ada komputer yang seribu kali atau seratus ribu kali lebih pandai dari manusia, tapi hanya dalam bidang yang sempit dan sangat terbatas.

    Kuncinya disini adalah manusia, seperti kata James Martin. Komputer itu dirancang dan dibuat oleh manusia, sekalian dengan perangkat lunaknya. Kalau komputer tidak melakukan apa yang dikehendaki manusia pembuatnya, selalu ada cara yang paling mudah untuk melumpuhkannya, yaitu cabut saja kawat listriknya.

    Sejak PC (tahun 70-an), penggunaan teknologi berkembang dengan cepat dalam segala bidang kehidupan seperti, pendidikan, perdagangan dan militer. Sehingga terdapat pergeseran antara hubungan manusia dengan teknologi, yaitu ketika sebuah kondisi dimana manusia menjadi bergantung pada teknologi.

    Dengan demikian, perkembangan teknologi tersebut kemudian mempengaruhi rancangan sistem yang harus dapat membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya. Sistem harus sesuai dengan kebutuhan manusia dan dirancang berorientasi kepada manusia sebagai pemakai. Sebelum sistem dirancang, maka terdapat beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan interaksi dan perancangan itu sendiri mengenai pengaruhnya terhadap nilai-nilai manusia (user) sebagai makhluk individu dan sosial.

    Salah satu perkembangan teknologi ini, misalnya adalah komputer yang telah mengubah hidup manusia. Komputer mempengaruhi bagaimana kita mengerjakan aktivitas yang paling membosankan, seperti membeli makanan, dan membayar tagihan dan juga dapat memberikan pengalaman baru, seperti membolehkan kita berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual, dari bagian bumi manapun.

    Kehadiran teknologi internet yang semakin canggih pun telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi manusia, sehingga kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer.

    Tersedianya website yang bisa diakses melalui internet telah membuat komputer sebagai suatu pusat informasi. Komputer yang terhubungi oleh internet menjadi guru buat semua orang, hampir semua jenis informasi bisa dicari dari internet. Kini pengguna komputer dapat menambah pengetahuannya dalam berbagai bidang disiplin ilmu dengan mudah.

    Evelin Yulian/1301053635/02PNM/Sistem Informasi

  5. Dunia tanpa Batas adalah ungkapan yang kurang lebih tepat untuk menjelaskan kondisi dunia saat ini. Hubungan bisnis, pernikahan dan persahabatan antar manusia telah mengalami perubahan. Peluang yang tercipta antar negara semakin besar dalam berbagai aspek kehidupan. Perdagangan bebas, termasuk dalam bidang komersialisasi dan kepemilikan media massa. Hal itu menimbulkan perkembangan industri media yang pesat, menembus batas teritorial negara di dunia. Modernisasi adalah proses yang menempatkan masyarakat bergerak ke arah teknologi yang lebih maju dan kompleks. Globalisasi mengacu pada jaringan yang mengikat se cara bersama-sama berbagai negara di dunia.

    Sistem komunikasi global dalam era globalisasi ditandai dengan kemajuan yang pesat dari bidang kepenyiaran dan periklanan. Hak siar secara audio maupun audiovisual adalah hak monopolis yang dilakukan oleh negara atau swasta. Periklanan komersial kini telah menjadi kekuatan yang mengontrol industri media. Industri barang dan jasa yang dipasarkan secara internasional dan menggunakan periklanan sebagai media pemasarannya. Agen periklanan mengandalkan media komunikasi untuk membuka dan menjangkau pangsa pasar. Oleh sebab itu, perusahaan barang dan jasa transnasional mulai berpenetrasi ke pasar-pasar lokal. Perusahaan iklan multinasional jelas mempunyai kekuatan modal yang besar dan kemajuan teknologi yang begitu canggih. Dengan demikian, periklanan telah menjadi satu sumber penghasilan perusahaan media massa.

    Periklanan komersial kini banyak diterapkan oleh sedikitnya 95 sistem televisi di dunia Pada akhirnya perkembangan teknologi iklan mempengaruhi komersialisasi penyiaran dunia.

    Pertumbuhan dan modernisasi teknologi komunikasi juga mendorong perkembangan perusahaan transnasional, baik yang bergerak di bidang media dan non-media, guna memfasilitasi pengoperasian perusahaan tersebut, sehingga dapat membawa dan memperluas bisnis mereka mencapai berbagai negara lainnya. Dengan kata lain perkembangan teknologi komunikasi turut memfasilitasi dan memudahkan perkembangan ekonomi dunia melalui perusahaan transnasional.

    Perkembangan industri elektronik dan teknologi komunikasi telah membawa perubahan dan mendukung keberadaan bisnis perusahaan transnasional. Berbagai akibat dirasakan dalam seluruh perkembangan teknologi dan ekspansi perusahaan media global. Kehadiran satelit dalam seluruh sistem kepenyiaran mendorong dan memperbesar signal televisi dari perusahaan media global. Dengan membawa hiburan, informasi dan budaya, perusahaan media global mencapai ke tingkat masyarakat lokal.

    Dengan demikian dalam perspektif global, informasi adalah hal yang krusial dalam operasi sistem perusahaan transnasional. Inilah yang menjadi alasan perluasan komunikasi internasional. Di mana k ebutuhan sistem bisnis internasional diharapkan dan dilayani dengan perluasan infrastruktur jaringan, data, informasi dan instalasi komunikasi di negara lain. Di sini terlihat bahwa teknologi memainkan peranan yang vital dalam menghadirkan skema baru. Teknologi mempunyai fungsi untuk integrasi sistem industri perusahaan dan memperdalam kemampuan pengetahuan serta pemerataan akses informasi yang lebih luas..

    Perkembangan teknologi internet di Indonesia juga menarik untuk dibahas. Yang jelas, pemanfaatan industri dan teknologi internet di Indonesia bukan main luar biasa perkembangannya. Hanya memang kita masih belum menjadi bangsa yang mampu memproduksi program atau isi internet secara lebih luas. Perkembangan industri dan teknologi internet di Indonesia patut dihargai, tapi ada hal-hal yang perlu dikritisi juga.

    Menyangkut soal hak kekayaan intelektual. Internet dan komputer sangat membuka kemungkinan terjadinya duplikasi, pembajakan hak intelektual. Hal itu ditambah lagi dengan bahawa Indonesia belum mempunyai hukum yang jelas dalam bidang teknologi informasi ini. Kejahatan-kejahatan internet belum mampu diakomodir oleh sistem hukum Indonesia. Intervensi pemerintah diperlukan untuk mengatasi penyalahgunaan hukum teknologi informasi yang masih relatif baru ini.

    Terakhir adalah soal rendahnya kontrol budaya masyarakat yang dipengaruhi oleh internet..Pornografi, aktivitas kekerasan sangat mudah diakses oleh siapa saja. Hal ini pada akhirnya mempunyai masalah yang panjang. Oleh sebab itu Kita gunakan Teknologi dengan sebaik Mungkin…..

    Robin Saputra/1301054833/02PNM/Sistem Informasi

  6. mengapa semua orang harus terpaku oleh sebuah benda mati yang sudah di buat dan di rancang ,, dan kita hanya menggunakan dan menjalankan saja masih kontroversial mungkin masih banyak yang tabu akan benda itu ,, bagaimana orang yang membuat dan merancang benda mati itu,, okay tuntutan dunia memang harus bisa menguasai semuanya ,, tapi akankah keterbatasan bisa menguasai semuanya? sistem informasi pun bisa didapat tidak hanya dengan satu benda saja melainkan banyak peluang untuk mendapataknya,, saya sendiri sangat bingung mengapa sebuah komputer dan jaringan internet bisa mengubah hidup seseorang? memang benar hidup selalu mengikuti perkembagan zaman,, tuntutan zaman lah yang membuat kita harus cari tau tentang semua,, saya fikir jalan hidup tidak harus mengikuti zaman,, banyak sekali orang” yang ingin mengetahui semuanya,, tapi hasilnya menjadi memaksakan,, tidak menjadi diri dan karaktersendiri.. melainkan karena dorongan dari orang lain ,,banyak juga orang yang sukses dengan cara lain.. saya sendiripun masih belum tertarik dengan suatu benda mati yang sudah tersedia programnya,, tapi saya tertarik bagaimana sukses tetapi tidak mengandalkan semua,, melainkan membuat suatu sistem informasi yang tidak terpaku dengan sebuah jaringan tetapi juga tetap menggunakanya,,

    indra hardiansyah // 02PNM // sistem informas

  7. komputer merupakan salah satu sarana yang sangat diperlukan oleh manusia untuk mengakses berbagai informasi dari berbagai belahan dunia lewat sistem jaringan internet. Informasi menjadi bagian yang sangat penting dari proses pematangan mentalitas, emosionalitas, dan kesadaran diri. komputer juga merupakan sarana vital globalisasi. komputer juga sangat membantu kita untuk mengakses setiap informasi yang dibutuhkan seputar tatanan masyarakat global. komputer juga telah menentukan bagaimana kita bertindak dan mendefinisikan diri sendiri di tengah sesama dan lingkungan hidup. Dengan kata lain, komputer mampu me-”manusia”-kan diri sendiri. tetapi di negara kita komputer masih langka sehingga lebih dari separuh rakyat Indonesia terisolasi dari informasi. Kelangkaan tersebut disebabkan oleh sumber daya manusia pemerintahan yang belum maksimal mengelola informasi sebagai aset bagi proses perubahan sosial, budaya, ekonomi, politik, budaya, dan pertahanan-keamanan menuju masyarakat beradab. komputer juga mempunyai kelebihan-kelebihan,bekerja pada prinsipnya sehingga ia mengatasi hambatan ruang dan waktu.melalui internet komputer pun juga dapat memantau berita dengan cermat dan cepat dari belahan dunia yang berajarak ribuan kilo. tetapi berbagai problem muncul akibat penyalah gunaan oleh kita sendiri. Banyak orang masih terbelenggu oleh obsesi lebih mementingkan diri sendiri daripada kesejahteraan bersama dan keutuhan lingkungan hidup. Komputer bukan hanya sebagai wujud perkembangan teknologi informasi, tetapi juga bentuk integrasinya berbagai aspek kehidupan kita. Komputer berperan dalam usaha penyadaran mentalitas yang masih berpusat pada egoisme dan fanatisme. Agama, misalnya, hendaknya cepat tanggap terhadap peluang ini untuk mensosialisasikan nilai-nilai religiusnya dalam berbagai aspek kehidupan kita. Begitu pula negara agar menyediakan berbagai perangkat hukum yang mengatur masyarakat dalam aplikasi kecanggihan teknologi informasi ini.esadaran sosial menentukan sebuah pilihan apa yang berpengaruh pada diri sendiri, sesama dan lingkungan. Dengan demikian, komputer bisa menjadi sarana kontrol sosial konstruktif atau destruktif bagi berbagai perkembangan bidang hidup kita hanya tergantung pada bagaimana mentalitas kita memanfaatkannya.

    WAHYU ALFIANSYAH
    02 PNM/Sistem Informasi

  8. sebenarnya, sistem informasi di Indonesia sudah mulai berkembang, karena sudah banyak orang merasakan manfaat dari sistem informasi seperti penggunaan Internet, banyak orang yang berdagang melalu internet melalui website seperti kaskus.us ataupun situs-situs serupa, walau begitu, masih beberapa ada pikiran kolot dari para orang tua di Indonesia yang beranggapan bahwa kemajuan teknologi internet akan membuat anak rusak karena mudahnya mengakses gambar-gambar porno, menurut saya hal ini akan terus berkembang sampai nanti akhirnya situs-situs serupa tidak bisa dibuka anak, pada saat ini penanggulannya cukup dengan penjagaan orang tua, seperti menaruh komputer di kamar orang tua dsb.
    lalu, saya setuju dengan Smolarski bahwa pentingnya proses menuju kesadaran diri dan sosial yang berlandaskan komunikasi ”kasih” sebagai bahasa universal. dan dibutuhkan kesadaran diri

    kesimpulan dari komentar saya ialah….pengembangan sistem informasi sangatlah diperlukan dalam kemajuan jaman ini…
    Semua akan lebih efisien dan tidak membuang2 tenaga dan waktu. yang diperlukan untuk menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan dalam penyalahgunaan sistem informasi adalah kesadaran diri untuk sekarang. karena hukum tentang masalah ini masih terus diperdebatkan sekarang, para pengguna internet menolak hukum itu karena mereka menerapkan freedom of speech yang mereka bilang harus tetap sopan dan ada pada jalur. Di lain pihak mungkin ada yang sering merasa dirugikan, maka dari itu masalah ini akan tetap dibahas sampai ada hukum yang jelas. Agar sistem informasi yang kita pakai lebih terjaga, efisien, dan memajukan kehidupan sosial manusia

    Andre//02PNM // sistem informasi

  9. Perkembangan teknologi sangat pesat, manusia menciptakan alat2 teknologi yang begitu canngih dan mampu menyelesaikan pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh manusia.
    Komputer telah mengubah hidup manusia. Komputer mempengaruhi bagaimana kita mengerjakan aktivitas yang paling membosankan, seperti membeli makanan, dan membayar tagihan. Komputer juga dapat memberikan pengalaman baru, misalnya, membolehkan kita berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual, dari bagian bumi manapun. Perkembangan teknologi dapat menyebabkan manusia semakin bergantung dengan teknologi tersebut memudahkan user (manusia) untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga nilai-nilai dasar manusia agar dipertahankan, sehingga bukan sistem yang mengatur user, tetapi user yang mengatur sistem.

    Berbicara tentang dampak dari perkembangan IPTEK, maka kita akan dihadapka pada berbagai bidang, bahkan hampir semua aspek dalam kehidupan di dunia ini peyang dapat dipengaruhi oleh adanya perkembangan IPTEK, seperti yang kita lihat sekarang ini, semua orang dalam kehidupannya sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari teknologi, seorang dosen kalau pergi ke kampus tidak lupa membawa, laptop dan LCD, setiap orang selalu berdampingan dengan HP, saat jam istirahat di rumah, selalu ditemani dengan tayangan Televisi, dan lain sebagainya, kesemuanya itu hanya sebagian kecil dari pengaruh perkembangan yang ditimbulkan oleh IPTEK.
    Hubungan antar media komunikasi elektronik dengan manusia sebagai penggunanya telah banyak dibahas dalam berbagai penelitian komunikasi.
    Beberapa diantaranya adalah efek media tersebut terhadap penggunannya dilihat baik mulai dari persepsi, sikap dan tingkah laku. Berbagai efek media, baik negatif atau positif, terhadap khalayak penggunanya memang menjadi satu hal yang sring dikaji dalam bidang ilmu komunikasi.
    Teknologi media komunikasi memang memberi kemudahan dalam hidup kita. Kita tidak perlu lagi membuang waktu, biaya dan tenaga yang besar hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada. Akan tetapi, setiap hal atau benda pasti memiliki nilai positif dan negatifnya. Dibalik semua keuntungan yang kita dapat dari teknologi media komunikasi seperti komputer natau internet, tentu saja ada dampak negatif yang timbul dari penggunaannya.

    Teknologi semacam internet pun tidak terlepas dari perangkat teknologi yang disebut komputer. Begitu dahsyatnya kelebihan yang diberikan internet dalam sistem komunikasi kita membuat internet sering digunakan dan sudah menyebar seperti virus. Hari ini jarang sekali orang yang tidak tahu atau tidak pernah melakukan komunikasi lewat internet baik melalui ¬e-mail, chatting ataupun teleconference. Penyebaran penggunaan internet dalam berkomunikasi mencuri perhatian masyarakat umum dan para pakar komunikasi. Mereka pun meneliti bagaimana dampak dibalik segala kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh media baru tersebut. Bukan hanya saat ini saja, namun dampak sosial dari internet memang sudah menjadi wacana sejak pertama kali munculnya teknologi ini dan menjadi buah bibir sepanjang waktu. Beberapa dampak sosial yang terkuak dari berbagai penelitian belakangan memang sejalan dengan prediksi sebelumnya walaupun ada beberapa yang tidak. Dampak sosial dari internet diantaranya adalah munculnya perilaku antisosial (antisocial behaviour), sindrom kecemasan terhadap komputer (computer anxiety) dan ketergantungan (addiction).

    Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah contohnya dalam bidang pendidikan
    Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah. Dalam bidang kesehatan mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer. Dalam bidang transportasi dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer. Tetapi dampak yang terjadi, itu semua kembali kepada para pengguna dalam menggunakan mesin ajaib ini.

    (Hanny Sofiana/02 PEM/Sistem Informasi)

  10. Satu perkembangan yang besar dari kemajuan manusia dengan adanya teknologi yang memudahkan manusia dalam mengejakan semua tugasnya dan pekerjaan sehari-hari.Adanya komputer pun dapat membantu manusia bahkan dalam terkecil sekali pun misal mencari resep masak di internet atau ada cara belanja yang terbaru yaitu dengan jual-beli di internet yg di sebut e-busniess,Jika kita mengaitkat suatu benda yang berteknolgi seperti,komputer dengan agama itu hanya bagaimana seorang pribadi yang bisa mengekspresikan suatu kemajuan.Memang banyak dan tak bisa diungkiri bahwa dengan teknologi dapat membuat banyak kejahatan seperti kabar terbaru di jakarta,tetapi menurut saya pribadi sebuah internet di pakai bagaimana suatu pribadi seseorang terhadap teknologi yang maju dan mempergunakannya dengan baik.Jika menghubungkan internet dengan kehidupan politik sebuah negara sangatlah membantu dari segi mana pun dengan arti bahwa setiap orang dapat ikut dan berpartisipasi terhadap jalannya pemerintahan bisa kita lihat saat masalah KPK yang saat kehancuran dari organisasi pemerintah ini mau ditutup tapi dari sisi masyarakat sangat mendukung organisasi ini.

    Jadi menurut saya dari kesimpulan ini bahwa suatu kemajuan teknologi baik visual maupun audio sangatlah berperan besar bahkan dengan adanya teknologi kita mendapat suatu panutan dan menjadi orang yang biasa menjadi suatu yang dapat dikenal dari segi kemanusiaan dan kemajuan.
    saya berharap untuk indonesia agar tetap maju terhadap kemajuan teknologi tanpa batasan yang merugikan apalagi mencampur agama dengan teknologi

    KORVI.P/02 PNM/1301054846

  11. menurut saya setiap dimana ada sebuah kebaikan di situ juga ada nama’y kegagalan, seperti kita tahu dalam perkembangan teknologi yang seperti ini semakin saja kita memudah untuk mendapatkan &mengelola dengan gampang dan mudahnya tentu saja ini yang memudahkan kita akan sesuatu itu. Tindakan seperti kejahatan pelecehan, asusila, perang agama yang meresahkan pun tak akan pernah terelakan sekali pun kita melarang dan melerai’y karena pada dasasrnya sebuah teknologi di ciptakan untuk memudahkan seseorang untuk itu dalam perkembangan yang pesat ini kita sebagai manusia yang mempunyai akal dan moral harus mengetahui apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus kita tidak perbuat dan kembali pada diri kita sendiri teknologi di ciptakan untuk membawa perubahan yang lebih baik.
    Di dunia modern ini kita harus di persiapkan untuk segala sesuatu dan persiapan baik secara kreatif dan berkarya secara terus menerus bukan hanya sesuatu yang sudah kita lakukan dengan melakukan hal yang tidak berguna dengan membedakan hal yang baik dan yang berguna kita akan dapat mersakan apa itu sebenarnya sebuah teknologi .
    untuk itulah kita harus menyadari ini kembali secara pribadi ke pribadi untuk tau apa itu sebuah teknologi yang hebat dan menyadari bahwa itu akan semakin mudah, dan kalau kita tahu bahwa teknologi tidak berangsu-angsur secara cepat tetapi secara perlahan dan pasti begitu pun kita kalu sebuah teknologi harus kita pahami secara terus-menerus untuk tahu sebuah teknologi.
    LUPI PATTINAYA/ 02 PNM / Sistem Informasi

  12. Perkembangan teknologi sangat pesat, manusia menciptakan alat2 teknologi yang begitu canngih dan mampu menyelesaikan pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh manusia.
    Komputer telah mengubah hidup manusia. Komputer mempengaruhi bagaimana kita mengerjakan aktivitas yang paling membosankan, seperti membeli makanan, dan membayar tagihan. Komputer juga dapat memberikan pengalaman baru, misalnya, membolehkan kita berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual, dari bagian bumi manapun. Perkembangan teknologi dapat menyebabkan manusia semakin bergantung dengan teknologi tersebut memudahkan user (manusia) untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga nilai-nilai dasar manusia agar dipertahankan, sehingga bukan sistem yang mengatur user, tetapi user yang mengatur sistem.

    Berbicara tentang dampak dari perkembangan IPTEK, maka kita akan dihadapka pada berbagai bidang, bahkan hampir semua aspek dalam kehidupan di dunia ini peyang dapat dipengaruhi oleh adanya perkembangan IPTEK, seperti yang kita lihat sekarang ini, semua orang dalam kehidupannya sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari teknologi, seorang dosen kalau pergi ke kampus tidak lupa membawa, laptop dan LCD, setiap orang selalu berdampingan dengan HP, saat jam istirahat di rumah, selalu ditemani dengan tayangan Televisi, dan lain sebagainya, kesemuanya itu hanya sebagian kecil dari pengaruh perkembangan yang ditimbulkan oleh IPTEK.
    Hubungan antar media komunikasi elektronik dengan manusia sebagai penggunanya telah banyak dibahas dalam berbagai penelitian komunikasi.
    Beberapa diantaranya adalah efek media tersebut terhadap penggunannya dilihat baik mulai dari persepsi, sikap dan tingkah laku. Berbagai efek media, baik negatif atau positif, terhadap khalayak penggunanya memang menjadi satu hal yang sring dikaji dalam bidang ilmu komunikasi.
    Teknologi media komunikasi memang memberi kemudahan dalam hidup kita. Kita tidak perlu lagi membuang waktu, biaya dan tenaga yang besar hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada. Akan tetapi, setiap hal atau benda pasti memiliki nilai positif dan negatifnya. Dibalik semua keuntungan yang kita dapat dari teknologi media komunikasi seperti komputer natau internet, tentu saja ada dampak negatif yang timbul dari penggunaannya.

    Teknologi semacam internet pun tidak terlepas dari perangkat teknologi yang disebut komputer. Begitu dahsyatnya kelebihan yang diberikan internet dalam sistem komunikasi kita membuat internet sering digunakan dan sudah menyebar seperti virus. Hari ini jarang sekali orang yang tidak tahu atau tidak pernah melakukan komunikasi lewat internet baik melalui ¬e-mail, chatting ataupun teleconference. Penyebaran penggunaan internet dalam berkomunikasi mencuri perhatian masyarakat umum dan para pakar komunikasi. Mereka pun meneliti bagaimana dampak dibalik segala kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh media baru tersebut. Bukan hanya saat ini saja, namun dampak sosial dari internet memang sudah menjadi wacana sejak pertama kali munculnya teknologi ini dan menjadi buah bibir sepanjang waktu. Beberapa dampak sosial yang terkuak dari berbagai penelitian belakangan memang sejalan dengan prediksi sebelumnya walaupun ada beberapa yang tidak. Dampak sosial dari internet diantaranya adalah munculnya perilaku antisosial (antisocial behaviour), sindrom kecemasan terhadap komputer (computer anxiety) dan ketergantungan (addiction).

    Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah contohnya dalam bidang pendidikan
    Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah. Dalam bidang kesehatan mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer. Dalam bidang transportasi dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer. Tetapi dampak yang terjadi, itu semua kembali kepada para pengguna dalam menggunakan mesin ajaib ini.

    Hanny Sofiana /1301022636 /02PEM/SI

  13. Perkembangan teknologi sangat pesat, manusia menciptakan alat2 teknologi yang begitu canngih dan mampu menyelesaikan pekerjaan yang biasa dikerjakan oleh manusia.
    Komputer telah mengubah hidup manusia. Komputer mempengaruhi bagaimana kita mengerjakan aktivitas yang paling membosankan, seperti membeli makanan, dan membayar tagihan. Komputer juga dapat memberikan pengalaman baru, misalnya, membolehkan kita berkomunikasi dengan orang lain melalui dunia virtual, dari bagian bumi manapun. Perkembangan teknologi dapat menyebabkan manusia semakin bergantung dengan teknologi tersebut memudahkan user (manusia) untuk memanfaatkannya. Akan tetapi, perlu diperhatikan juga nilai-nilai dasar manusia agar dipertahankan, sehingga bukan sistem yang mengatur user, tetapi user yang mengatur sistem.

    Berbicara tentang dampak dari perkembangan IPTEK, maka kita akan dihadapka pada berbagai bidang, bahkan hampir semua aspek dalam kehidupan di dunia ini peyang dapat dipengaruhi oleh adanya perkembangan IPTEK, seperti yang kita lihat sekarang ini, semua orang dalam kehidupannya sehari-hari hampir tidak bisa lepas dari teknologi, seorang dosen kalau pergi ke kampus tidak lupa membawa, laptop dan LCD, setiap orang selalu berdampingan dengan HP, saat jam istirahat di rumah, selalu ditemani dengan tayangan Televisi, dan lain sebagainya, kesemuanya itu hanya sebagian kecil dari pengaruh perkembangan yang ditimbulkan oleh IPTEK.
    Hubungan antar media komunikasi elektronik dengan manusia sebagai penggunanya telah banyak dibahas dalam berbagai penelitian komunikasi.
    Beberapa diantaranya adalah efek media tersebut terhadap penggunannya dilihat baik mulai dari persepsi, sikap dan tingkah laku. Berbagai efek media, baik negatif atau positif, terhadap khalayak penggunanya memang menjadi satu hal yang sring dikaji dalam bidang ilmu komunikasi.
    Teknologi media komunikasi memang memberi kemudahan dalam hidup kita. Kita tidak perlu lagi membuang waktu, biaya dan tenaga yang besar hanya untuk berkomunikasi dengan orang lain dimanapun mereka berada. Akan tetapi, setiap hal atau benda pasti memiliki nilai positif dan negatifnya. Dibalik semua keuntungan yang kita dapat dari teknologi media komunikasi seperti komputer natau internet, tentu saja ada dampak negatif yang timbul dari penggunaannya.

    Teknologi semacam internet pun tidak terlepas dari perangkat teknologi yang disebut komputer. Begitu dahsyatnya kelebihan yang diberikan internet dalam sistem komunikasi kita membuat internet sering digunakan dan sudah menyebar seperti virus. Hari ini jarang sekali orang yang tidak tahu atau tidak pernah melakukan komunikasi lewat internet baik melalui ¬e-mail, chatting ataupun teleconference. Penyebaran penggunaan internet dalam berkomunikasi mencuri perhatian masyarakat umum dan para pakar komunikasi. Mereka pun meneliti bagaimana dampak dibalik segala kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh media baru tersebut. Bukan hanya saat ini saja, namun dampak sosial dari internet memang sudah menjadi wacana sejak pertama kali munculnya teknologi ini dan menjadi buah bibir sepanjang waktu. Beberapa dampak sosial yang terkuak dari berbagai penelitian belakangan memang sejalan dengan prediksi sebelumnya walaupun ada beberapa yang tidak. Dampak sosial dari internet diantaranya adalah munculnya perilaku antisosial (antisocial behaviour), sindrom kecemasan terhadap komputer (computer anxiety) dan ketergantungan (addiction).

    Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya adalah contohnya dalam bidang pendidikan
    Dengan adanya komputer mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah. Dalam bidang kesehatan mempermudah Dokter dan Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat monitor komputer, aliran darah , memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X. Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer. Dalam bidang transportasi dengan komputer semua jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam komputer. Dengan komputer, narigasi kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat menggunakan komputer. Tetapi dampak yang terjadi, itu semua kembali kepada para pengguna dalam menggunakan mesin ajaib ini.

  14. Kisah Sukses Google
    Dalam daftar orang terkaya di Amerika baru-baru ini, terselip dua nama yang cukup fenomenal. Masih muda, usianya baru di awal 30-an, namun kekayaannya mencapai miliaran dolar. Nama kedua orang itu adalah Larry Page dan Sergey Brin. Mereka adalah pendiri Google, situs pencari data di internet paling terkenal saat ini.

    Terlepas dari jumlah kekayaan mereka, ada beberapa hal yang perlu dicontoh dari kisah sukses mereka. Satu hal yang pertama, yang disebut Sergey Brin, yang kini menjabat sebagai Presiden Teknologi Google, yakni tentang kekuatan kesederhanaan. Menurutnya, simplicity web adalah hal yang disukai penjelajah internet. Dan, Google berhasil karena menggunakan filosofi tersebut, menghadirkan web yang bukan saja mudah untuk mencari informasi, namun juga menyenangkan orang.

    Kunci sukses kedua adalah integritas mereka dalam mewujudkan impiannya. Mereka rela drop out dari program doktor mereka di Stanford University untuk mengembangkan google. Mereka pun pada awalnya tidak mencari keuntungan dari proyek tersebut. Malah, kedua orang itu berangkat dari sebuah ide sederhana. Yakni, bagaimana membantu banyak orang untuk mempermudah mencari sumber informasi dan data di dunia maya. Mereka sangat yakin, ide mereka akan sangat berguna bagi banyak orang untuk mempermudah mencari data apa saja di internet.

    Kunci sukses lainnya yaitu mereka tidak melupakan jasa orang-orang yang mendukung kesuksesan mereka. Larry dan Sergey sangat memerhatikan kesejahteraan SDM di Google. Kantornya yang diberi nama Googleplex dinobatkan sebagai tempat bekerja terbaik di Amerika tahun 2007 oleh majalah Fortune. Di sana suasananya sangat kekeluargaan, ada makanan gratis tiga kali sehari, ada tempat perawatan bagi bayi ibu muda, bahkan sampai kursi pijat elektronik pun tersedia. Mereka sadar, di balik sukses inovasi yang dilakukan Google, ada banyak doktor matematika dan lulusan terbaik dari berbagai universitas yang membantu mereka.

    Larry dan Sergey memang tak pernah menduga Google akan sesukses sekarang. Kedua orang yang terlahir dari keluarga ilmuwan – ayah Sergey adalah doktor matematika, sedangkan Larry adalah putra almarhum doktor pertama komputer di Amerika – ini memang hanya berangkat dari sebuah masalah sederhana. Mereka berusaha memecahkan masalah tersebut, dan berbagi dengan orang lain. Namun, justru dengan kesederhanaan dan integritas mereka, mampu membuat Google saat ini menjadi mesin pencari terdepan, dikunjungi lebih dari 300 juta orang perhari. Diterjemahkan dalam 88 bahasa dengan nilai saham mencapai lebih dari 500 dolar AS per lembar, membuat sebuah kesederhanaan menjelma menjadi kekuatan yang luar biasa.

    Sebuah niat mulia, meski sesederhana apapun, jika dilandasi kerja keras dan integritas yang tinggi, akan menghasilkan sesuatu yang istimewa. Hal tersebut nampak dari contoh kisah sukses Larry Page dan Sergey Brin di atas. Google yang mereka dirikan terbukti telah membantu banyak orang untuk bisa mendapatkan apa saja dari internet. Dan kini, mereka pun mendapatkan imbalan yang bahkan tak diduga mereka sebelumnya. Kesuksesan sejati memang akan terasa saat kita bisa berbagi. Dan, Larry serta Sergey membuktikannya sendiri.

    Albert Chandra/ 02PEM/ Sistem Informasi

  15. Menurut saya komputer mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sekarang ini komputer sudahlah bukan sesuatu yang asing lagi bagi semua orang. Oleh karena itu, pemanfaatan komputer yang baik akan membantu manusia dalam menjalankan pekerjaannya. Tapi sebaliknya juga, ada yang memanfaatkan komputer untuk kepentingan yang buruk.

    perkembangan dunia iptek yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupula dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas

    Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun, pada sisi lain, pesatnya kemajuan iptek ternyata juga cukup banyak membawa pengaruh negatif. Semakin kuatnya gejala “dehumanisasi”, tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan dewasa ini, merupakan salah satu oleh-oleh yang dibawa kemajuan iptek tersebut. Bahkan, sampai tataran tertentu, dampak negatif dari peradaban yang tinggi itu dapat melahirkan kecenderungan pengingkaran manusia sebagai homo-religousus atau makhluk teomorfis.

    Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas.

    Pengaruh dari keberadaan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.

    Manfaat komputer pada bidang :
    1. Pendidikan
    Digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh.
    2. Industri
    Digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric.
    3. Ilmu dan Teknologi
    Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masin-masing molekul.
    4. Pemerintahan
    Sistem informasi dalam praktek pemerintahan merupakan sistem informasi manajemen dimana didalamnya terdapat proses pengolahan suatu informasi yang diperuntukkan untuk keperluan pengambilan keputusan dari suatu lembaga pemerintahan.
    5. Kedokteran
    Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat yaitu komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ-organ tubuh manusia tanpa operasi.
    6. Perjalanan
    Komputer sekarang kebanyakan digunakan dalam bidang perjalanan yang digunakan untuk pengaturan jadwal kedatangan maupun jadwal keberangkatan penerbangan.

    (Afiandi Pantri Megah/02PMM/Sistem Informasi)

  16. Mengenal Teknologi Informasi harus dimulai dari mengenal komputer yang menjadi alasan istilah Teknologi Informasi muncul kemudian. Pengenalan tentang komputer dimulai dari sejarahnya untuk memperlihatkan perkembangan dan juga pergeseran manfaat dari komputer dari masa ke masa. Komputer, dalam sejarahnya, tidak langsung disebut komputer. Orientasi, penggunaan dan kemampuannya pun jauh berbeda dari komputer sekarang. Jika pada awalnya cikal bakal komputer hanya berorientasi untuk masalah perhitungan dan masalah matematis, kemudian berkembang menjadi pengolah kata, maka komputer sekarang justru menjadi alat penyedia informasi dan berkomunikasi. Perubahan fungsi ini pasti mengalami banyak pergumulan dan didasari dengan berbagai alasan atau tujuan. Setiap penemuan baru biasanya mengacu pada penemuan sebelumnya dengan mengamati permasalahan yang dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Penemuan selanjutnya sudah selayaknya lebih dari penemuan yang ada, karena disitulah arti kemajuan. Setiap penemuan selalu menghasilkan sesuatu yang tidak hanya untuk penemunya, tapi juga untuk orang lain yang mungkin menghadapi masalah yang sama, atau yang dapat mengambil manfaat dari hasil penemuan itu. Dengan berulangnya siklus ini, masyarakat berkembang dan maju. Perkembangan berlanjut hingga akhirnya PC (personal computer) diproduksi oleh produsen lain selain IBM secara massal. PC berkembang demikian pesat melebihi kecepatan perkembangan perangkat lunak. Kini memiliki sebuah PC tidaklah menjadi suatu hal yang mahal dan langka. Masyarakat tidak lagi menggunakan PC untuk bekerja saja tapi juga hiburan, dan berkomunikasi melalui jaringan komputer.

    Komputer sebagai alat pendukug untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :

    1. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
    2. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.
    3. Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
    4. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.

    Untuk lebih jelasnya kegunaan komputer, komputer dibagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu :

    1. Berdasarkan Jenis Data yang Diolah.

    a. Komputer Analog (Analog Computer).

    Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, karena komputer ini digunakan untuk memproses data secara terus menerus dan mengenal data sebagai besaran fisik yang diukur secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contoh besaran arus listrik.

    b. Komputer Digila (Digital Computer).

    Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, karena kumputer ini untuk memproses discrete data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik(ON atau OFF), Keluaran komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka, huruf, dan grafi atau gambar. Komputer jenis ini pula sangat cocok untuk aplikasi bisnis.

    c. Komputer Hibrid (Hibrid Computer).

    Koputer hibrid adalah konbinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis inidapat melakukan pengolahan data kualitatif. Kompuetr hibrid lebih cepat lagi diandingkan dibandingkan komputer jenis digital.

    2. Berdasakan Kemampuan Komputer

    a. Small Scale Computer

    < Disebut small scale mainframe computer.
    < Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB.
    < Dapat manangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.

    b. Madium Scale Computer.

    < Disebut medium scale mainframe computer.
    < Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB.
    < Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah daru pusat komputer.

    c. Large Scale Computer.

    < Disebut large scale mainframe computer atau mainframe komputer.
    < Bentunya besar.
    < Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB.
    < Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan.

    (Muarif Asda/02PMM/Sistem Informasi)

  17. Menurut saya komputer mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Sekarang ini komputer sudahlah bukan sesuatu yang asing lagi bagi semua orang. Oleh karena itu, pemanfaatan komputer yang baik akan membantu manusia dalam menjalankan pekerjaannya. Tapi sebaliknya juga, ada yang memanfaatkan komputer untuk kepentingan yang buruk.
    perkembangan dunia iptek yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupula dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas
    komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia.
    Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun, pada sisi lain, pesatnya kemajuan iptek ternyata juga cukup banyak membawa pengaruh negatif. Semakin kuatnya gejala “dehumanisasi”, tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan dewasa ini, merupakan salah satu oleh-oleh yang dibawa kemajuan iptek tersebut. Bahkan, sampai tataran tertentu, dampak negatif dari peradaban yang tinggi itu dapat melahirkan kecenderungan pengingkaran manusia sebagai homo-religousus atau makhluk teomorfis.
    Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas.
    Pengaruh dari keberadaan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.

  18. Mengenal Teknologi Informasi harus dimulai dari mengenal komputer yang menjadi alasan istilah Teknologi Informasi muncul kemudian. Pengenalan tentang komputer dimulai dari sejarahnya untuk memperlihatkan perkembangan dan juga pergeseran manfaat dari komputer dari masa ke masa. Komputer, dalam sejarahnya, tidak langsung disebut komputer. Orientasi, penggunaan dan kemampuannya pun jauh berbeda dari komputer sekarang. Jika pada awalnya cikal bakal komputer hanya berorientasi untuk masalah perhitungan dan masalah matematis, kemudian berkembang menjadi pengolah kata, maka komputer sekarang justru menjadi alat penyedia informasi dan berkomunikasi. Perubahan fungsi ini pasti mengalami banyak pergumulan dan didasari dengan berbagai alasan atau tujuan. Setiap penemuan baru biasanya mengacu pada penemuan sebelumnya dengan mengamati permasalahan yang dihadapi dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut. Penemuan selanjutnya sudah selayaknya lebih dari penemuan yang ada, karena disitulah arti kemajuan. Setiap penemuan selalu menghasilkan sesuatu yang tidak hanya untuk penemunya, tapi juga untuk orang lain yang mungkin menghadapi masalah yang sama, atau yang dapat mengambil manfaat dari hasil penemuan itu. Dengan berulangnya siklus ini, masyarakat berkembang dan maju. Perkembangan berlanjut hingga akhirnya PC (personal computer) diproduksi oleh produsen lain selain IBM secara massal. PC berkembang demikian pesat melebihi kecepatan perkembangan perangkat lunak. Kini memiliki sebuah PC tidaklah menjadi suatu hal yang mahal dan langka. Masyarakat tidak lagi menggunakan PC untuk bekerja saja tapi juga hiburan, dan berkomunikasi melalui jaringan komputer.
    Komputer sebagai alat pendukug untuk meringankan pekerjaan manusia dalam proses pemecahan berbagai masalah karena alat tersebut memiliki kecepatan operasionalnya, kemampuan menyimpan memori, dapat dipercaya dan menghemat biaya. Komputer dapat membantu pekerjaan manusia dalam kegiatan, antara lain :
    1. Penanganan data dalam jumlah yang besar, seperti penghitungan sensus dan laporan lain dalam suatu negara.
    2. Melaksanakan tugas-tugas rutin yang bersifat berulang-ulang, seperti menghitung laporan bulanan suatu perusahaan.
    3. Operasional ditempat-tempat yang tidak dapat dijangkau manusia, seperti robot yang dikontrol oleh komputer untuk misi di daerah yang penuh dengan ranjau atau dalam perjalanan antariksa tanpa awak.
    4. Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi, seperti perhitungan matematika yang rumit.
    Untuk lebih jelasnya kegunaan komputer, komputer dibagi menjadi beberapa klasifikasi, yaitu :
    1. Berdasarkan Jenis Data yang Diolah.
    a. Komputer Analog (Analog Computer).
    Komputer analog digunakan untuk mengolah data kualitatif, karena komputer ini digunakan untuk memproses data secara terus menerus dan mengenal data sebagai besaran fisik yang diukur secara terus-menerus. Keluaran dari komputer jenis ini adalah dalam bentuk dial atau grafik, contoh besaran arus listrik.
    b. Komputer Digila (Digital Computer).
    Komputer digital digunakan untuk mengolah data kuantitatif, karena kumputer ini untuk memproses discrete data (bilangan/angka yang terputus-putus) dan akan mengenali data sebagai sinyal diskrit dari tinggi rendahnya tegangan listrik(ON atau OFF), Keluaran komputer jenis ini bisa dalam bentuk angka, huruf, dan grafi atau gambar. Komputer jenis ini pula sangat cocok untuk aplikasi bisnis.
    c. Komputer Hibrid (Hibrid Computer).
    Koputer hibrid adalah konbinasi antara komputer analog dengan komputer digital, sehingga komputer jenis inidapat melakukan pengolahan data kualitatif. Kompuetr hibrid lebih cepat lagi diandingkan dibandingkan komputer jenis digital.
    2. Berdasakan Kemampuan Komputer
    a. Small Scale Computer
    < Disebut small scale mainframe computer.
    < Kapasitas memori antara 64 KB s/d 8 MB.
    < Dapat manangani puluhan terminal komputer yang terpisah dari pusat komputer.
    b. Madium Scale Computer.
    < Disebut medium scale mainframe computer.
    < Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB.
    < Dapat menangani ratusan terminal komputer yang terpisah daru pusat komputer.
    c. Large Scale Computer.
    < Disebut large scale mainframe computer atau mainframe komputer.
    < Bentunya besar.
    < Kapasitas memori antara 512 KB s/d 8 MB.
    < Kecepatan tinggi dan dapat menggunakan time sharing, yaitu pengguna komputer dapat menggunakan komputer secara serentak dalam waktu bersamaan.
    (MUHAMMAD JUNAIDI/02PMM/SISTEM INFORMASI)

  19. Ni Nengah Christia Noviana / 1301050532 / 02PMM

    Komputer pada masa ini sudah menjadi bagian sehari-hari tidak bisa dipisahkan. Lalu manfaat komputer ini untuk apa aja :

    Manfaatnya sebenarnya sama saja dengan manfaat teknologi lainnya yaitu mempermudah pekerjaan manusia. Beberapa dari ribuan manfaat komputer (termasuk internet) ini :

    – Jika dulu ngetik pakai mesin ketik nggak bisa diedit sekarang bisa.

    – Dapat mengedit bahakan memberikan efek gambar sesuka hati.

    – Dapat menyimpan dan mendengarkan musik

    – Dulu jika mengirim surat bisa berhari-hari. Pakai email bisa hanya dalam hitungan milidetik.

    – Dapat melakukan pekerjaan administrasi yang jauh lebih mudah dan efisien.

    Tapi apakah benar hal-hal diatas dari manfaat teknologi ini. Sebenarnya tidak juga. Komputer dibuat dulu berdasarkan : komputer dapat melakukan pekerjaan berulang-ulang tanpa lelah dan cepat.

    Satu-satunya kelebihan komputer dibanding manusia ya sebenarnya cuma itu , mereka dapat melakukan pekerjaan berulang-ulang tanpa lelah. Mereka mampu melakukan perhitungan yang cepat juga karena dapat melakukannya berulang-ulang. Walau begitu apakah manfaat komputer benar-benar menyelesaikan seluruh permasalahan kerja manusia. Oh ya tentu, mereka memang menyelesaikan masalah manusia. Namun disisi lain mereka juga membuat masalah yang baru. contohnya berikut :

    – Orang zaman dahulu tidak mempunyai masalah mengupdate antivirus komputer.

    – Orang zaman dahulu nggak harus belajar MS word, Ms excel, cara mengoperasikan windows, belajar pemograman dsb.

    – Orang zaman dahulu juga nggak harus mikir mengupdate driver mereka setiap saat.

    – Orang zaman dahulu juga tidak pernah terganggu oleh aktivitas SPAM.

    – Orang zaman dahulu tidak akan bingung untuk mengganti hardware yang compability dengan software terbaru.

    Jadi sebenarnya saat muncul teknologi baru. Memang benar mereka memberikan manfaat menyelesaikan masalah manusia. Tapi pasti disisi lain muncul masalah yang diakibatkannya.

    Contoh lainnya yang paling gampang adalah teknologi kendaraan bermotor, memang benar mereka membuat transportasi jauh lebih mudah. Efeknya ya tentu saja Pemanasan Global.

    Manfaat komputer pada bidang :

    1. Pendidikan

    Digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh.

    2. Industri

    Digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric.

    3. Ilmu dan Teknologi

    Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul.

    4. Pemerintahan

    Sistem informasi dalam praktek pemerintahan merupakan sistem informasi manajemen dimana didalamnya terdapat proses pengolahan suatu informasi yang diperuntukkan untuk keperluan pengambilan keputusan dari suatu lembaga pemerintahan.

    5. Kedokteran

    Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat yaitu komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ2 tubuh manusia tanpa operasi.

    6. Perjalanan

    Komputer sekarang kebanyakan digunakan dalam bidang perjalanan yang digunakan untuk pengaturan jadwal kedatangan maupun jadwal keberangkatan penerbangan.

  20. Tanggapan atas artikel Komputer : Jalan menjadi manusia

    Menurut saya topik pada artikel tersebut sangat menarik untuk dibahas mengingat perkembangan penggunaan komputer dan pneyebaran informasi yang semakin pesat melalui media internet. Dan di dalam komentar ini, saya ingin membahas tentang suatu situs jejaring sosial yang paling marak digunakan oleh orang-orang pada saat ini, Facebook.
    Facebook, mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Facebook didirikan oleh seorang pemuda yang bernama Mark Elliot Zuckerberg. Ya, facebook adalah salah satu situs jejaring sosial yang sangat digemari masyarakat saat ini. Mulai dari anak – anak sampai orang tua, siswa sampai mahasiswa, tukang bakso sampai direktur utama, pedangang kecil sampai pengusaha, dan sebagainya. Dan sudah sewajarnya, setiap teknologi baru, apapun bentuknya, pasti mempunyai dampak positif dan negatif. Begitu juga dengan facebook, punya dampak positif dan negatif juga. Berikut ini beberapa dampak positif dan negatif dari penggunaan facebook menurut pengamatanku :

    Dampak Positif :

    dapat menjadi sarana komunikasi
    Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah kita kenal di masa lalu.

    Mengetahui potensi diri
    Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa sih kita sebenarnya. Namun, kita juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan, dan seharusnya kita tidak gampang percaya pada seperti itu.

    Media promosi
    Jelas, facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.

    Sarana diskusi
    Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.

    Tempat curhat
    Hmmm, yang ini mungkin bisa juga, kalau kita lagi dapet masalah, kita tinggal mengupdate status facebook kita dengan masalah yang sedang kita hadapi, kalau ada orang yang peduli, pasti orang tersebut bakal memberi komen yang isinya mungkin cuma sekedar memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah.

    Dampak Negatif :

    Lebih banyak waktu kita yang terbuang sia – sia untuk hal yang kurang bermanfaat
    Apa lagi kalau sudah kena sindrom facebookholic alias kecanduan.

    Malas belajar, mengerjakan tugas atau pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan
    karena waktu kita hanya dihabiskan untuk menjelajahi situs jejaring ini.

    Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas.
    Ya, namanya juga dunia maya, dunia tanpa batas, seseorang bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.

    Menurut saya hanya itu saja dampak positif dan negatif penggunaan facebook. jadi pesan saya, gunakan teknologi baru dengan sebaik – baiknya untuk melakukan perbuatan – perbuatan yang baik, bermanfaat, dan tidak merugikan diri sendiri atau orang lain.

    Lince Suryadi/02PMM/Sistem Informasi

  21. Perkembangan komputer

    Perkembangan komputer akhir akhir ini sangat berkembang dengan pesat. selain di karena mulainya keterbukaan masyarakat dunia akan pentingnya teknologi, tetapi juga diakibatkan oleh banyak nya produsen komputer yang berbondong-bondong melakukan peningkatan sehingga komputer menjadi lebih baik lagi dan tentu saja lebih murah. bisa kita bandingkan harga komputer pada saat dulu dan sekarang.

    keuntungan perkembangan komputer
    Mungkin dengan perkembangan komputer yang kian cepat kita seolah-olah merasakan dan mungkin dapat berkhayal bahwa kehidupan kita dimasa mendatang seperti bayangan film-film holywood. dimana semua nya serba praktis.

    · Dalam bidang pendidikan
    Sebagai contoh, dengan adanya perkembangan komputer kita dapat menerapkan e-learning. dimana mahasiwa dan para pelajar dapat melakukan pembelajaran dimana saja, tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

    · Dalam bidang kesehatan
    Bicara tentang komputer itu penerapannya sangat luas. kita tidak hanya berpatok bahwa komputer hanya sebatas laptop dan dekstop saja. bahkan komputer juga di aplikasikan kedalam bidang otomotif juga bidang kesehatan.

    sebagai contoh, peralatan neurologi yang di gunakan oleh dokter spesialis saraf otak. dengan perkembangan komputer dalam bidang kesehatan. para dokter tidak perlu repot-repot dalam menganalisa gejala pasiennya. dengan bantuan komputer, mereka dapat mendeteksi kesalahan yang ada di dalam tubuh manusia sesegera mungkin. dan secara tidak langsung komputer juga menjadi penyelamat nyawa manusia.

    · Dalam bidang otomotif
    Ketika sebuah mobil 1 dengan kecepatan X m/s melaju di sebuah jalanan aspal dengan gaya gesekan pada aspal sebesar Y dan pada pan sebesar Z. Tiba-tiba mobil mengerem mendadak untuk mengindari tabrakan dengan mobil lain yang mempunya massa B kg, hal ini menyebabkan gaya gesekan pada ban dan aspal sebesar Q. Belum sampai mobil mecapai vo = 0 m/s. mobil tersebut menabrak mobil 2 dan menyebabkan mobil 1 menerima gaya yang sama ketika mobil 1 menabrak mobil 2. Computer yang ada pada mobil 1 pun bekerja. Dengan memperhitungkan besar gaya yang diterima mobil, air bag pun keluar demi melindungi pengguannya.

    Kerugian akibat computer

    · Manusia semakin tergantung dengan bantuan computer,

    · Berkurangnya tenaga kerja akibat pekerjaannya digantikan oleh computer,

    · Komputer melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah manusia, bila terdapat kesalahan, computer tetap mengerjakan kesalahan tersebut.

  22. Sebelum ada yang nama nya Komputer, Manusia bertukar informasi melalui bahasa, bahasa keseharian.
    Bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain. Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar, informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang sama sekali.

    Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama.

    Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

    Sekarang ini, kita mendapat informasi sangat mudah dengan ditemukannya komputer. Teknologi semakin canggih dan berkembang pesat. Semua informasi yang ada di Internet atau jejaring sosial yang sekarang ini lagi marak-maraknya dapat kita peroleh sangat cepat.

    “komputer jadi way of life dari masyarakat”, saya sangat setuju dengan pendapat ini. Sesuai yang dikatakan Saudara Fran. Komputer sangat penting dalam era globalisasi sekarang ini. Informasi-informasi yang penting sangat dibutuhkan bagi perkembangan zaman dan negara-negara khususnya negara maju. Bagaimana mendapatkan informasi yang setiap hari bahkan setiap detik berganti.

    Kesimpulan dari semua ini adalah dengan adanya teknologi komputer, kebutuhan akan banyaknya informasi yang ingin kita dapatkan akan sangat mudah. Informasi menjadi kebutuhan orang. karena seperti yang dikatakan Pak Jose,

  23. Menurut saya,perkembangan dunia iptek yang demikian mengagumkan itu memang telah membawa manfaat luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik cukup besar, kini relatif sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin-mesin otomatis. Sistem kerja robotis telah mengalihfungsikan tenaga otot manusia dengan pembesaran dan percepatan yang menakjubkan. Begitupula dengan telah ditemukannya formulasi-formulasi baru aneka kapasitas

    komputer, seolah sudah mampu menggeser posisi kemampuan otak manusia dalam berbagai bidang ilmu dan aktivitas manusia.

    Ringkas kata, kemajuan iptek yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. Namun, pada sisi lain, pesatnya kemajuan iptek ternyata juga cukup banyak membawa pengaruh negatif. Semakin kuatnya gejala “dehumanisasi”, tergerusnya nilai-nilai kemanusiaan dewasa ini, merupakan salah satu oleh-oleh yang dibawa kemajuan iptek tersebut. Bahkan, sampai tataran tertentu, dampak negatif dari peradaban yang tinggi itu dapat melahirkan kecenderungan pengingkaran manusia sebagai homo-religousus atau makhluk teomorfis.

    Bagi masyarakat sekarang, iptek sudah merupakan suatu religion. Pengembangan iptek dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja iptek sebagai liberator yang akan membebaskan mereka dari kungkungan kefanaan dunia. Iptek diyakini akan memberi umat manusia kesehatan, kebahagian dan imortalitas.

    Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Dalam peradaban modern yang muda, terlalu sering manusia terhenyak oleh disilusi dari dampak negatif iptek terhadap kehidupan umat manusia.

    Perbudakan dan penjajahan di North America, Asia dan Afrika hanya memungkinkan melalui dukungan iptek. Perkembangan iptek di Eropa Barat membuahkan revolusi industri yang menindas kelas pekerja dan yang melahirkan komunisme. Produksi weapons of mass destruction, baik kimia, biologi ataupun nuklir tentu saja tidak bisa dipisahkan dari iptek, belum lagi menyebut kerusakan Ekosistem alam akibat dari kemajuan iptek.
    (Antony Lius /02PMM/Sistem Informasi)

  24. Komputer memang merupakan suatu komponen alat elektronik yang memiliki teknologi tingkat tinggi,dimana teknologi yang ada di komputer tersebut terus beradaptasi seiring perkembangan teknologi.Dan semakin tinggi teknologi pada komputer tersebut maka semakin banyak kegunaannya dalam membantu insan manusia pada kegiatan sehari-harinya,bahkan komputer dapat dikatakan bisa menggantikan posisi manusia dalam hal tertentu,itu karena komputer diciptakan oleh manusia sebagai alat elektronik yang memiliki otak atau yang biasa kita sebut sebagai proccessor yang dapat berpikir seperti manusia bahkan melebihi manusia,hal ini juga lah yang menyebabkan pengaruh besar terhadap pola pikir, pola sikap dan pola prilaku manusia,karena manusia sudah mempunyai rasa ketergantungan yang besar terhadap alat elektronik ini, dan menganggap bahwa komputer memiliki segalanya yang lebih dari manusia, akan tetapi pada dasarnya manusia melupakan hal terpenting bahwa komputer diciptakan oleh manusia itu sendiri,jadi seharusnya pola pikir,sikap dan prilaku mansia tidak boleh banyak dipengaruhi oleh komputer. Akan tetapi beerbicara tentang realigi memang tidak terlalu banyak kesalahan pada pengaruhnya terhadap pola pikir,sikap dan prilaku,karena sebagai umat berbagama kita wajib berpola pikir,skap dan prilaku sesuai ajaran baik yang telah diajarkan oleh agama dan kepercayaan masing-masing.

    Berbicara tentang pentingnya komputer dalam masyarakat banyak bisa dikatakan memang sebagai suatu saranan yang sangat dibutuhkan masyarakat di era sekarang ini dalam mencari segala informasi apapun yang nantinya informasi tersebut berpengaruh terhadap segala aspek sosial,budaya,ekonomi,politik dan civil society. Tetapi kegunaan komputer tersebut hanya bisa digunakan oleh masyarakat yang memiliki tingkat sumber daya manusia yang tinggi,atau bisa dikatakan dengan masyarakat yang mengetahui dengan betul cara kegunaan dan fungsi positiv yang maksimal dari komputer tersebut,apabila dalam suatu negara masih banyak terdapat masyarakat yang memiliki tingkat sumber daya manusia yang rendah,maka negara tersebut harus berusaha terlebih dahulu untuk memajukan sumber daya manusia yang ada di negaranya tersebut sebelum beralih pada penggunaan komponen elektronik yang memiliki teknologi tingkat tinggi tersebut.

    Dijaman sekarang ini banyak terjadi masalah yang disebabkan oleh penyalahgunaan teknologi informasi,pada dasarnya masalah ini terjadi karena ulah dan pemikiran yang tidak benar dari pencitpa teknologi informasi tersebut yaitu manusia,manusia menggunakan teknologi ini bukan berdasarkan untuk keperntingan bersama,melainkan untuk kepentingan pribadi. untuk memperkecil persetase masalah penyalahgunaan tersebut kita harus melihat kembali kepada manusianya itu sendiri,komputer diciptakan untuk membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari dalam hal positiv.semua ini tergantung pada pola pikir,sikap dan prilaku manusia itu sendiri dalam melihat kegunaan komputer tersebut dari sudut pandang yang baik.

    Jadi pada intinya adalah komputer yang merupakan teknologi informasi merupakan suatu sarana informasi yang dapat membantu manusia dalam beberapa hal,akan tetapi alangkah baiknya bila manusia tidak beranggapan bahwa komputer adalah segala-galanya bagi manusia,kenapa kita harus berpikir seperti ini? tentu saja kita harus ingat kembali siapa pencipta teknologi itu tersebut,manusia lah yang menciptakannya,jadi seharusnya manusia lah yang berada diatas tknologi tersebut dalam segala-galanya.

    Dan masalah keguanaan dari komputr itu sendiri adalah tergantung dari pengguna atau user komputer,karena sebagaimana yang telah kita ketahui dalam hidup sebagai masyarakat soasial dan demi menciptakan pola pikir,pola sikap,pola prilaku serta membantu dalam perkembangan sosial,budaya,politik,ekonomi dan civil society maka baiknya teknologi ini digunakan demi kepentingan bersama dan demi kepentingan pertahanan-keamanan menuju masyarakat beradab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *